Pembelajaran Daring, Efektif Gak Sih Buat Mahasiswa?

Online shop bisa dibilang sangat cocok untuk usaha sampingan pelajar karena lebih fleksibel dalam pengelolaannya. Dari sektor keuangan, jika wabah virus Corona menjadi berkepanjangan, perlu dipikirkan kemungkinan relaksasi restrukturisasi kredit seperti yang dilakukan dulu. Untuk kelas menengah, program kartu Pra Kerja bisa dimanfaatkan untuk membantu daya beli sekaligus meningkatkan kemampuan. Dengan skenario ini ada risiko pertumbuhan ekonomi kita akan berada di bawah 5 persen atau dalam kisaran four,7-four,9 persen di tahun 2020 jika kita tak melakukan mitigasi. Ekonomi Indonesia sendiri memang sudah tumbuh di bawah 5 persen dalam triwulan IV-2019. Dampak virus Corona terhadap Indonesia tak akan seburuk dampak terhadap Singapura.

Sebagai mahasiswa tentu mempunyai beragam peluang menjanjikan yang dapat digali dan dioptimalkan. Fleksibilitas waktu, koneksi, hingga daya kreatif yang tersedia juga dapat kamu manfaatkan sebagai modal untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu. Potensi diri bisa dengan mengeksplorasi berbagai hal, termasuk berbisnis. Namun, para mahasiswa tidak bisa asal-asalan dalam berbisnis atau menentukan bisnis. Baik sebagai tempat jual beli, sarana membangun branding, hingga membuat bisnis lebih dipercaya.

Pembelajaran daring menggunakan materi dan rentang waktu yang sesuai dengan kurikulum. Adapun dari segi tempat, pembelajaran daring memiliki keleluasaan waktu belajar, dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Hal ini dikarenakan cukup sulit untuk dapat menerapkan protokol kesehatan di kampus sehingga pembelajaran daring merupakan alternatif yang cukup baik saat pandemi seperti ini. Pembelajaran daring memberikan manfaat bagi dosen maupun mahasiswa (Singh, & Worton, 2005).

Seperti diketahui, pemerintah mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Namun demikian, dilansir dari ceritanya dengan Kompas.com, Nelam tidak mundur dan tetap menjalankan bisnis kulinernya dari rumah. Wanita usia 31 tahun ini mengambil inisiatif untuk menjual makanannya secara online dan bermitra dengan aplikasi ojek on-line seperti GoFood dan GrabFood.

melakukan inovasi pengembangan pangan fungsional berupa minuman fungsional dari paduan beberapa natural melalui program Hibah Inovasi Pre-Startup Mahasiswa Universitas Padjadjaran yang diadakan oleh Universitas Padjadjaran. “Hal ini menjadi peluang bagi perusahaan-perusahaan domestik untuk memproduksi dan menjual obat-obatan karena akan dibutuhkan oleh negara-negara yang terkena dampak virus,” ujarnya. JAKARTA – Virus corona memberi tekanan luar biasa terhadap ekonomi global dan nasional.

Ia senang lewat usaha pembuatan APD tersebut bisa memberi manfaat bagi banyak orang mulai dari tenaga medis, hingga masyarakat yang terbantu karena memiliki penghasilan. Itulah 9 ide bisnis unik mahasiswa yang bisa dilakukan sambil belajar di rumah. Di masa pandemi ini, hobi memasak ternyata bisa menjadi ide bisnis rumahan untuk mahasiswa. kecil, dan menengah harus gulung tikar karena terdampak pendemi virus corona Covid-19.

Alhasil, karantina yang seharusnya tetap kental dengan suasana belajar layaknya di bangku kampus, pada akhirnya tak berarti apa-apa. Pria yang menjalankan bisnis jasa fotokopi sejak lima tahun lalu ini mengeluhkan, pendapatannya per bulan pun turut terdampak. Sementara sebelumnya, mahasiswa sering bersinggungan dengan jasa fotokopi di kampusnya. Selama pamdemi ya berkurang drastis, sehari paling banyak Rp 200 ribu,” imbuh pria asal Pekalongan ini.

Bisnis mahasiswa saat corona

Nah, dari contoh di atas Anda tentu sudah mendapat inspirasi ide bisnis di period new regular, kan? Jika belum memiliki produk, saran kami, bergabunglah dengan program reseller atau franchise yang sudah terkenal. Contohnya, Es Teler 77 yang melakukan strategi penjualan produk makanan beku . Dengan strategi ini, bisnis mereka tidak terpengaruh dengan sepinya dine-in. Sebab, bisnis mereka mulai diarahkan ke produk takeaway dengan penjualan online. Adaptasi kebiasaan baru memungkinkan bisnis untuk mulai berjalan kembali.

Meskipun, lanjutnya, tak semua restoran atau bisnis skala kecil memberlakukan hal seperti ini. Menurutnya, kontak pelanggan bersifat penting, karena dengan kondisi seperti ini bisa menjadi cara untuk memasarkan produk tanpa bantuan aplikator seperti GrabFood dan GoFood. Bisnis selanjutnya akan mengandalkan ilmu dan kepintaran yang dimiliki. Jika memiliki keahlian di bidang bahasa Inggris, Matematika, Fisika, atau ilmu yang lainnya, maka bukalah les privat atau bimbingan belajar untuk anak SD, SMP, dan SMA. Bisnis yang menjanjikan pertama adalah bisnis pulsa elektrik yang modalnya tidak terlalu besar.

Comments are Disabled