Cara Merawat Gigi Anak, Orangtua Wajib Tahu Halaman All

Jangan pernah menguji suhu susu di botol dengan mulut, berbagi peralatan makan, atau membersihkan dot dengan memasukkannya ke dalam mulut. Pasalnya, gigi berlubang bisa ditularkan, sehingga hal itu berisiko menularkan bakteri penyebab karies. Ya, Anda dan suami bisa mengajarkan kebiasaan baik ini terutama sebelum tidur di malam hari. Agar lebih menyenangkan, Anda juga bisa memanfaatkan waktu sikat gigi malam bersama-sama. Setelah sikat gigi malam, sebaiknya pastikan anak tidak minum ASI atau susu formulation, ya.

Enggak perlu khawatir anak akan terluka saat menggosok giginya, produk ini sudah dilengkapi dengan sikat bulu lembut untuk membersihkan sisa makanan dan plak tanpa melukai gigi dan gusi. Selain itu, produk ini juga dijamin bisa mencegah kerusakan terhadap enamel gigi dan pembersih lidah yang efektif. Nah, seiring pertumbuhannya, gigi susu mulai tanggal di usia 6 tahunan. Orang tua jadi harus semakin mengajarkan anak untuk rajin sikat gigi. Biasanya cara yang ampuh adalah dengan menggunakan sikat gigi yang bergambar menarik.

Tidak seperti orang dewasa, biasanya anak-anak belum mengetahui pentingnya menjaga kebersihan mulut. Karena alasan itu, biasanya mereka tergoda untuk tidak menyikat gigi pada waktunya. Mungkin Mama harus melewati “drama” terlebih dahulu sampai anak mau menyikat giginya sebelum tidur. Hindari kebiasaan memberikan minum susu atau minuman manis pada anak menjelang tidur menggunakan dot karena akan menyebabkan gigi berlubang. Untuk mendorong minat anak dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada keseharian, orangtua dapat membacakan buku yang memiliki nilai tentang kesehatan mulut.

Dengan membawa anak ke dokter gigi, Anda akan mengetahui perkembangan gigi anak berupa bentuk rahang dan arah atau posisi gigi yang akan tumbuh. Sehingga, jika ditemukan keanehan dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk menunjang kemauan anak agar rajin menyikat gigi, usahakan untuk membeli sikat gigi dengan pegangan yang besar sehingga mudah untuk digenggam anak Anda. Kepala sikat juga diusahakan tidak lebih besar dari 2 cm dengan disertai bulu sikat yang lembut.

Kita sudah sering mendengar anjuran untuk rutin mengunjungi dokter gigi minimal dua kali setahun. Tujuannya tentu saja agar gigi kita selalu dipantau, dibersihkan, dan ditangani sesuai masalah yang ditemukan agar kerusakan tak berlanjut. Penggunaan pasta gigi mengandung fluoride diperbolehkan untuk anak usia diatas 3 tahun atau anak yang reflek kumurnya sudah baik.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

Saat menyikat gigi, tidak perlu banyak menggerakkan sikat terlalu kuat apalagi dengan arah menyilang alias tidak searah dengan gigi. Sikatlah gigi dengan lembut dan perlahan dengan arah yang benar untuk mengatasi sakit gigi pada anak dan orang dewasa. Hal tersebut menunjukkan banyaknya masyarakat yang mengalami masalah pada gigi dan mulutnya, namun tidak melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Comments are Disabled