9 Prinsip Untuk Jadi Pengusaha Muda Sukses! Inilah Caranya

Hamzah paham bahwa sebelum merasakan kesuksesan, seseorang pasti menemui kegagalan dulu. Namun, kegagalan tersebut gak lantas diratapi lalu membuatnya kapok. Pengusaha-pengusaha yang udah sukses itu justru belajar dari kegagalan dan bangkit lagi setelahnya. Perlu digaris bawahi bahwa kisa sukses mengajari kita bahwa sukses memang gak pernah ada yang instan. Sebagian dari mereka bahkan pernah merasakan bangkrut, tapi mereka justru tetap sabar dan gak kapok dalam berbisnis.

Ketika kebiasaan ini telah terbentuk, pada akhirnya kita akan menemukan bahwa kita bisa melakukan banyak hal dengan jatah waktu yang tidak berubah. Saat kita menyalahkan orang lain, kita mengakui kalau kita tidak punya kendali, tidak berdaya, dan tidak berkualitas. Dalam buku “7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif” oleh Stephen R. Covey, manusia dikatakan memiliki lingkaran kepedulian, yang terdiri dari seluruh hal yang kita pedulikan. Dalam lingkaran itu, ada lingkaran yang lebih kecil, yaitu lingkaran pengaruh berisi hal-hal yang bisa kita kendalikan hasilnya. Contoh sederhana adalah hal yang orang lain lakukan berada dalam lingkaran kepedulian kita, tapi pilihan dan perilaku kita secara pribadi ada dalam lingkaran pengaruh. Hidup dipenuhi oleh tantangan, baik itu dengan orang lain atau keadaan yang kita hadapi.

Cara menjadi pengusaha muda

Jadi keberanian sangat diperlukan untuk menggapai keinginan itu. Modal terbaik seorang wirausahawan baru bukanlah berupa uang namun pengalaman dan pengetahuan tentang usaha yang akan dibangun. Pengalaman dan pengetahuan yang mencukupi akan sangat membantu dalam langkah awal usaha dimana pasar belum memiliki respon yang cukup tentang usaha kita. Namun alangkah baiknya jika kita terus belajar dalam berwirausaha untuk mengembangkan usaha kita nantinya. Motivasi untuk pengusaha setiap individu memiliki gaya sendiri-sendiri namun tidak jarang orang-orang yang akan mencapai keberhasilan akan merasa lelah dan putus asa. Sehingga bisnis yang telah dijalankan untuk waktu yang lama akan mengalami bangkrut dan gulung tikar dalam waktu singkat.

Orang tua rela membayar guru personal demi sang buah hati supaya pintar. Jadi kalau kamu punya ability lebih di bidang-bidang tersebut, manfaatkan skill kamu untuk mendapatkan keuntungan besar. Kalau kamu suka menulis, kamu harus menghasilkan uang dari tulisan-tulisan kamu.

Image by Methawee Krasaeden from PixabayMenentukan target ketika masih muda bukanlah suatu hal yang berlebihan. Kamu bisa mengawalinya dengan membuat agenda pribadi beriskan berbagai macam kegiatan atau rencana harian. Rencana ini akan membanti Kamu untuk selalu produktif dan tidak membuang waktu untuk hal tidak penting. Dengan melihat begitu banyak sumber daya alam yang melimpah di tanah Papua, ia jadikan peluang untuk membuka usahanya. Kini ia memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang di bawah bendera PT Rifa Capital sebagai holding firm.

Untuk beberapa kasus pendapat ini memang betul, Seperti misalnya jika kamu ingin membuka sebuah toko pakaian atau yang lainnya. Pengusaha muda yang berpikir kreatif dan selalu memiliki inovasi untuk terus mengembangkan bisnis dan usaha yang mereka jalani. Dan setiap pengusaha muda tersebut selalu memiliki prinsip dasar yang dia lakukan hingga menjadi sukses seperti saat ini. Seiring berkembangnya zaman, tidak dipungkiri sudah banyak pengusaha sukses dengan usia yang masih muda atau dibawah umur 30 tahun. Apakah Anda ingin menjadi seperti mereka untuk menjadi pengusaha muda dan memiliki omset milyaran? Anak muda pasti masih berusaha mencari jati diri, sehingga tak heran bila mereka masih suka mengikuti tren apa yang ada saat itu.

Comments are Disabled